7 Kebiasaan Sehat Yang Bisa Membuat Badan Kamu Terasa Segar Tiap Hari


Kebiasaan Sehat Membuat Badan Terasa Segar - Aktivitas padat tentu sudah menjadi kebiasaan kita setiap hari. Sayangnya, dalam menjalankan rutinitas atau aktivitas tersebut, tubuh kita tidak selalu dalam kondisi prima.

Baca Juga : Penting Untuk Diketahui Inilah Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Sehat

Tak jarang kita melakukan aktivitas dengan lesu dan kurang bertenaga sehingga menurunkan performa kerja dan konsentrasi. Jika sudah begini, pasti produktivitas kita menurun. Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara membuat badan segar tiap hari sehingga badan selalu prima untuk beraktivitas.

Cara Membuat Badan Segar Tiap Hari Yang Bisa Anda Coba Lakukan

1. Minum Air Putih

Cara membuat badan segar tiap hari yang pertama adalah rajin mengkonsumsi air putih. Konsumsi air putih minimal 1,5 hingga 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas dalam sehari mampu membuat tubuh kita selalu segar. Terkait dengan kecukupan air putih ini, Anda dapat menyesuaikannya dengan aktivitas Anda sehari-hari. Dan yang tak kalah penting yaitu mengkonsumsi air putih dengan duduk, akan lebih baik lagi jika membaca doa terlebih dahulu.

2. Olahraga Teratur

Cara membuat badan segar tiap hari yang satu ini sudah banyak digembor-gemborkan di berbagai tempat dan juga berbagai kesempatan. Namun, masih banyak orang yang tetap tidak menjalaninya. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang memiliki mindset bahwa olahraga membutuhkan waktu dan tempat khusus, serta sulit untuk diterapkan. Padahal, olahraga teratur yang dimaksud bisa berupa jalan kaki. Olahraga ini dipercaya sebagai olahraga sepele tetapi memiliki efek positif bagi kesehatan. Salah satunya yaitu merampingkan buncit dan mengatasi masalah obesitas.

Baca Juga : Cara Mengencangkan Perut Buncit Dengan Olah Raga Pembentuk Otot Perut

3. Istirahat Teratur

Cara membuat badan segar tiap hari berikutnya yaitu istirahat teratur. Istirahat teratur tidak hanya tentang frekuensi dan jumlah jam selama kita beristirahat. Namun, lebih terhadap bagaimana kualitas tidur yang sedang kita jalani. Hal ini sangat berperan penting terhadap kesehatan seseorang karena mampu menstabilkan berbagai hormon yang ada di dalam tubuh.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat yang baik untukmenjaga kesehatan tubuh banyak macamnya. Pada dasarnya, makanan tersebut harus kaya nutrisi, steril, dan alami. Sedangkan, syarat tambahan untuk makanan sehat adalah makanan yang mengandung senyawa zat anti oksidan. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung zat anti oksidan tersebut setiap hari. Hal tersebut dapat menjaga tubuh agar senantiasa segar dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit yang bersifat degeneratif.

5. Menjaga Emosi

Kesehatan tubuh Anda akan terealisasikan dengan emosi yang sedang Anda alami. Perasaan Anda yang menunjukkan emosi bahagia, marah, sedih, kecewa, takut, dan sebagainya direspon oleh tubuh bagian lainnya. Penjelasan yang memungkinkan tentang dampak dan pengaruh emosi terhadap kesehatan yaitu tingkat stress yang dialami Anda. Hal tersebut dapat menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas dalam tubuh. Jika hal ini tetap dibiarkan dalam jangka panjang, maka dapat menjadi sumber penyakit yang dapat mengancam kesehatan Anda.

6. Sarapan Dengan Protein Lebih Banyak

Sarapan terlihat sepele dan sering dilupakan atau bahkan diabaikan oleh banyak orang. Padahal, sarapan adalah bekal kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sarapan bukan hanya cara untuk memperoleh energi tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan dan juga psikologi. Saat kita tidur di malam hari, gerak peristaltik pada pankreas dan produksi getah pencernaan meningkat. Hal ini menyebabkan sisa makanan pada saluran pencernaan terkuras sehingga perutakan benar-benar kosong pada pagi hari. Kejadian ini tentu membuat gula darah juga menurun.

Pagi hari saat memulai melakukan berbagai aktivitas, Anda tentu memerlukan energi untuk melakukan banyak aktivitas sampai jadwal makan siang. Kegiatan tersebut tidak hanya membutuhkan energi tetapi juga pikiran. Nah, Anda akan bisa melaksanakan tugas apapun dengan optimal ketika energi dan otak dalam keadaan siap. Dari dua proses inilah sarapan menjadi kebiasaan yang sangat penting bagi aktivitas Anda sehari-hari agar selalu segar.

Jika kita tidak sarapan, maka otak tidak diberi makanan, maka tentunya tidak dapat digunakan dengan baik. Biasanya yang kurang sarapan akan kurang bergairah, kurang konsentrasi, dan menurunkan kepekaan. Jadi, masih punya anggapan sarapan tidak penting?

7. Bayangkan Kegiatan Yang Bersemangat

Mulailah hari dengan sesuatu yang dapat membangkitkan semangat. Salah satunya yaitu membayangkan kegiatan yang bersemangat dan optimis menatap hari. Menurut Dana Lighman,Ph.D, (seorang ahli Psikologi) ketika kita mengerjakan sesuatu hal, ada bagian otak yang aktif. Sebagian otak ini bisa kita bangkitkan dengan imajinasi. Dengan demikian, dengan membayangkan kegiatan yang bersemangat separuh bagian otak sudah lebih dulu bekerja membangkitkan energi positif. Dengan demikian, alasan tak semangat tidak ada dalam kamus kita dan badan agar selalu terlihat segar.

Ok mungkin hanya itu saja 7 Kebiasaan Sehat Membuat Badan Terasa Segar. Silakan Anda praktikkan dan semoga bisa memberikan akibat bermanfaat yang selama ini Anda butuhkan yaitu ingin selalu terasa segar bugar setiap hari.

Berlangganan Artikel :