Cara Mengencangkan Perut Buncit Dengan Olah Raga Pembentuk Otot Perut


Cara Mengencangkan Perut Buncit - Perut buncit tidak hanya tidak baik dari segi estetika namun juga tidak baik bagi kesehatan. Lingkar perut yang melebihi 90 cm bagi pria dan 80 cm bagi wanita dapat dinyatakan sebagai obesitas perut.

Ada dua macam lemak yang berada di perut yang menyebabkan buncit, yaitu lemak subkutan dan lemak visceral. Lemak subkutan atau lemak dibawah kulit ini terlihat dan bisa di cubit. Sedangkan lemak visceral tidak terlihat, letaknya berada disekitar organ dalam tubuh, dan ini yang berbahaya. Lemak visceral inilah yang sering dihubungkan dengan obesitas perut atau perut buncit karena sulit dihilangkan.

Baca Juga : 7 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Secara Alami

Selain itu lemak visceral juga sering dihubungkan dengan berbagai penyakit metabolik, seperti diabetes, dyslipidemia dan jantung koroner. Oleh sebab itu maka perut buncit perlu dihilangkan, bagaimana cara mengencangkan perut buncit? Simaklah artikel berikut ini untuk mengetahuinya.

7 Cara Mengencangkan Perut Buncit Dengan Gerakan Pembentuk Otot Perut

Sebenarnya mengencangkan perut buncit harus dilakukan dengan modifikasi diet dan olah raga. Namun yang akan kita bahas berikut ini adalah cara mengencangkan perut buncit dengan olah raga :

1. Sit Up


Sit up adalah gerakan yang akan membantu Anda mengecilkan perut buncit. Karena dengan sit up lemak subkutan dan lemak visceral yang ada disekitar perut akan terbakar dan mengecilkan perut buncit Anda. Setelah lemak terbakar, kemudian gerakan ini akan membentuk otot-otot yang ada disana. Jika tidak bisa melakukannya sendiri bisa Anda lakukan dengan teman dan kemudian bergantian teman Anda yang melakukan sit up. Gerakan sit up dimulai dengan posisi terlentang, dan mengangkat tubuh sampai posisi duduk, dengan kaki tetap lurus di atas lantai.

2. Back Up


Back Up kebalikan dari sit up, gerakan back up dimulai dari posisi tengkurap, kemudian mengangkat tubuh kebelakang. Gerakkan tubuh dan kepala keatas dan kebawah, sehingga otot perut akan tertarik. Lemak yang ada disana akan terbakar dan perut yang buncit akan mengecil sedikit demi sedikit. Kemudian jika dilakukan secara rutin disertai dengan modifikasi diet, otot perut akan terbentuk six pack.

3. Ball Crunch


Mungkin Anda sudah tidak asing dengan gerakan olah raga ini. Ball crunch adalah olah raga menggunakan media bola besar, yaitu dengan melakukan sit up diatas bola tersebut. Mulailah dengan duduk diatas bola karet besar, dengan kuda-kuda kaki yang kuat menapak lantai. Kemudian berbaring lah diatas bola, letakkan kedua tangan dibelakang kepala kemudian lakukan gerakan sit up. Manfaat yang didapat seperti Anda melakukan sit up, karena otot perut akan tertarik, dan lemak di sekitar nya akan terbakar. Namun dengan tambahan manfaat yaitu memperkuat otot paha, karena dalam gerakkan ini paha menahan tubuh diatas bola.

4. Vertical Leg Crunch


Gerakkan ini sebenarnya mirip dengan gerakkan ball crunch tapi vertical leg crunch tidak menggunakan media apapun. Pertama berbaring lah dan letakkan tangan dibelakang kepala, kemudian angkat kaki tinggi-tinggi keatas, dengan pantat tetap menempel pada lantai Selanjutnya tarik tubuh kedepan dan ulangi beberapa kali semampu Anda. Dengan melakukan gerakan tersebut pasti otot-otot perut Anda akan terasa tertarik dan kaku. Jika dilakukan secara teratur maka perut buncit akan hilang dan otot perut akan terbentuk.

5. Sikap Lilin


Gerakkan ini dipercaya dapat mengecilkan perut jika dilakukan secara rutin dan teratur. Gerakannya mirip dengan vertical crunch, hanya saja pada sikap lilin bagian perut dan pantat juga ikut diangkat ke atas. Kemudian ditahan dengan tangan beberapa saat, lalu turunkan ulangi beberapa kali sampai otot perut terasa tertarik.

6. Bersepeda


Mengecilkan perut tidak harus dengan olah raga yang berat, dengan mengayuh sepeda sambal jalan-jalan pun bisa mengecilkan perut buncit Anda. Bersepeda adalah salah satu cara mengencangkan perut buncit yang menyenangkan. Dengan bersepeda selama 30 menit saja, Anda sudah membakar sekitar 300 kalori. Jadi mengapa Anda tidak bersepeda dari sekarang.

7. Belly Dance


Olahraga belly dance sedang populer akhir-akhir ini, karena cukup asyik untuk dilakukan. Olah raga yang menggunakan tarian sebagai dasar gerakannya ini sangat menyenangkan. Dan juga efektif membakar lemak di perut dan membentuk masa otot nya. Anda bisa melakukan seluruh rangkaian gerakan pembentuk otot perut berulang-ulang masing-masing 3 set setiap gerakkan dengan 1 set sebanyak 15-20 kali pengulangan.

Ok hanya itu saja artikel Cara Mengencangkan Perut Buncit. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda dalam mengatasi perut buncit, sehingga setidaknya perut buncit Anda bisa menurun. Salam sukses ...

Berlangganan Artikel :