Gatal-Gatal Karena Panu, Inilah 7 Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dan Alami


Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dan Alami – Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur kulit yang tidak berbahaya. Akan tetapi walaupun tidak berbahaya tetap membuat sipenderitanya merasa tidak nyaman dengan rasa gatalnya.

Baca Juga : Ingin Tahu Cara Menghilangkan Panu Di Kepala? Inilah Cara Alaminya

Untuk Anda yang menderita panu maka sebaiknya mencari cara menghilangkan panu dengan cepat sebelum Anda pergi ke dokter. Anda tentunya juga akan merasa malu terhadap dokter Anda karena penyakit panu yang diderita.

Gatal-Gatal Karena Panu, Inilah 7 Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dan Alami


Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan panu pada kulit dengan cara alami tanpa efek samping, antara lain : 

1. Menggunakan Minyak Kelapa


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu tubuh meningkatkan anti jamur, virus, dan juga bakteri penyebab penyakit. Beberapa senyawa asam lemak yang dapat menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu pada kulit. Caranya cukup mudah, yaitu Anda cukup mengoleskan minyak kelapa ini pada kulit yang terkena panu. Lakukan secara rutin pagi dan sore agar hasil maksimal. 

2. Menggunakan Minyak Oregano


Cara menghilangkan panu dengan cepat selanjutnya dengan menggunakan minyak adalah dengan minyak dari tumbuhan oregano. Bagian tumbuhan yang digunakan dalam minyak oregano adalah daun dan bunganya dari oregano. Kandungan dalam minyak oregano ialah senyawa carvacrol yang bermanfaat mengurangi infeksi bakteri, infeksi jamur, virus, parasit, dan alergi pada kulit. Senyawa carvacrol bekerja sebagai penangkal atau anti bakteri, anti virus, dan anti jamur kulit. Caranya, Anda oleskan minyak oregano ini pada kulit yang ada panunya dan biarkan sampai mengering. 

3. Menggunakan Cuka Apel


Kandungan senyawa yang ada pada cuka apel ini berguna sebagai anti-mikroba, sehingga dapat membantu kulit. Anti mikroba yang ada dapat mengontrol pertumbuhan jamur. Caranya campurkan 1 sdm cuka apel dan 1 sendok makan air hangat. Lalu oleskan pada panu. Biarkan kira-kira 15 menit dan bilas dengan air hangat. 

4. Menggunakan Yogurt


Bahan yogurt kaya akan kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Terdiri dari berbagai jenis vitamin, kalsium dan kandungan bermanfaat lain. Selain itu bisa juga untuk mengatasi panu pada kulit. Caranya oleskan saja yogurt pada panu, diamkan selama 30 menit, bersihkan dengan air hangat. Anda juga sebaiknya mengkonsumsi yogurt, agar dapat membantu mengatasi jamur dari dalam. 

5. Menggunakan Belimbing Wuluh


Untuk menghilangkan panu secara alami yaitu dapat juga menggunakan belimbing wuluh. Kandungan dari belimbing wuluh ini glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat. Sehingga dapat juga untuk mengatasi panu pada kulit. Caranya potong belimbing wuluh kira-kira menjadi 4 bagian, usap-usap pada panu, biarkan sampai mengering. 

6. Menggunakan Jeruk Nipis


Dalam jeruk nipis memiliki senyawa pada Flavonoid adalah antioksidan. Senyawa anti-oksidan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Kandungan senyawa asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang terdapat pada kulit. Selain itu juga kandungan vitamin C dalam buah jeruk nipis ini mampu mengatasi panu kulit.

Cara mengaplikasikan pengobatan menggunakan jeruk nipis perlu campuran belerang. Hal ini untuk lebih mengefektifkan ramuan alamiahnya. Ambillah 1 sdm air perasan jeruk nipis dicampur 1 sdm belerang yang telah ditumbuk. Lalu aduk hingga tercampur rata. Oleskan pada kulit yang terkena panu, diamkan sampai kering. Bilas dengan air hangat. 

7. Menggunakan Bawang Putih


Bawang putih yang Anda ketahui merupakan bumbu yang pasti ada di dapur, tetapi selain itu juga bisa dijadikan obat. Yaitu untuk mengatasi panu yang berada di kulit Anda. Senyawa allicin adalah komponen biologis aktif yang berguna anti bakteri. Selain itu juga terdapat anti oksidan dalam bawang putih ini. Juga senyawa anti jamur yang dapat menghilangkan jamur kulit.

Untuk menghilangkan panu, Anda bisa ambil 1 siung bawang putih, lalu potong menjadi dua bagian. Setelah itu gosokkan bawang putih pada panu yang terdapat pada kulit. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, bilas dengan air hangat. Sebaiknya Anda lakukan pengobatan menggunakan bawang putih ini 2 kali sehari.

Baca Juga : Tips Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Secara Cepat Dan Alami Yang Wajib Anda Coba

Itulah diatas adalah Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat secara alami tanpa efek samping. Oleh sebab itu untuk mencegah tumbuhnya panu pada kulit sebaiknya Anda lebih menjaga kebersihan dan pakailah pakaian berbahankatun. Semoga bermanfaat.

Berlangganan Artikel :