Inilah 7 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat


Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami - Gula darah menjadi salah satu penAnda kesehatan penting dalam tubuh. Kadar gula darah yang lebih tinggi dari nilai normal bisa dijadikan penAnda resiko penyakit Diabetes Mellitus (kencing manis). Semakin tinggi kadar gula darah semakin besar pula resiko Anda mengalami Diabetes Mellitus. Gula darah bisa di kontrol secara alami dengan modifikasi gaya hidup atau secara medis dengan menggunakan obat.

Baca Juga : 7 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Darah Dengan Merubah Pola Hidup

Bagi Anda yang belum ter diagnosa Diabetes namun memiliki gula darah tinggi, sebaiknya mulai menurunkan nya agar tidak berlanjut menjadi penyakit. Karena bila gula darah tinggi terus menerus pankreas yang bertugas menghasilkan insulin akan bertugas ekstra keras dan Lelah. Akhirnya akan terjadi hal yang tidak kita inginkan yaitu pancreas tidak bisa memproduksi insulin lagi. Maka dari itu pahami cara menurunkan gula darah secara alami agar bisa mengontrol kadar gula dalam darah.

7 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Sebelum mengalami Diabetes Mellitus, hendaknya Anda melakukan 7 cara ini agar kadar gula darah ter kontrol. Berikut adalah cara menurunkan gula darah secara alami dengan modifikasi gaya hidup.

1. Jangan Lewatkan Waktu Makan

Melewatkan waktu makan memiliki banyak dampak untuk kesehatan, seperti gangguan lambung dan sistem pencernaan. Saat perut lapar dan tidak ada asupan makanan dari luar, maka hati akan mengeluarkan simpanan glukosa yang ada di hati. Glukosa akan masuk ke dalam darah yang kemudian dijadikan sebagai sumber energi oleh tubuh. Apabila hal tersebut terjadi terus menerus maka hati akan terbiasa mengeluarkan glukosa ke dalam darah walau sudah ada asupan makanan. Akibatnya kadar gula darah akan meningkat secara signifikan.

2. Tingkatkan Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat adalah salah satu unsur zat gizi utama disamping lemak dan protein. Fungsinya adalah sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Ada beberapa macam jenis karbohidrat, digolongkan berdasarkan jenis rantai karbon nya, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Jenis yang baik untuk menjaga gula darah tetap normal adalah karbohidrat kompleks, seperti serat pada makanan. Makanan yang mengandung tinggi karbohidrat kompleks adalah sayur dan buah. Karbohidrat kompleks memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak langsung meningkatkan gula darah.

3. Porsi Makanan Sesuai Kebutuhan

Ambil porsi makan sesuai kebutuhan saja, jangan menjadi lapar mata saat melihat makanan. Apabila kita makan berlebihan, maka akan terjadi kelebihan energi yang akan disimpan menjadi lemak. Kadar lemak yang tinggi dalam tubuh akan menurunkan sensitivitas insulin, dan efeknya kadar gula darah dalam tubuh akan meningkat. Hal ini juga berhubungan dengan poin 1, yaitu jangan melewatkan waktu makan. Karena apabila kita merasa kelaparan maka kita akan cenderung mengambil makanan dalam porsi besar saat kita makan. Hal ini tidak baik bagi kesehatan tubuh.

4. Melakukan Olah Raga

Olahraga adalah aktivitas fisik yang sangat bermanfaat, karena bisa meningkatkan kesehatan tubuh kita. Bagi penderita diabetes atau yang memiliki kadar gula tinggi, olah raga dapat menurunkan kadar gula darah. Glukosa yang berada didalam darah akan dibakar menjadi energi saat melakukan olahraga. Olah raga yang baik untuk penderita diabetes adalah olah raga fisik yang ringan dengan durasi minimal 30 menit sehari. Olah raga harus rutin dilakukan untuk mempertahankan kadar gula darah di nilai normal.

5. Tidur Cukup Setiap Hari

Tidur bertujuan mengembalikan keadaan tubuh agar bugar seperti semula. Istirahat yang kurang akan meningkatkan stress oksidatif pada seseorang. Tingkat stress yang tinggi akan memicu peningkatan kadar gula dalam darah. Usahakan tidur cukup sekitar 8 jam di malam hari dan 30 menit tidur siang, sehingga badan akan tetap bugar dan sehat.

6. Mengurangi Konsumsi Gula Sederhana

Sangat jelas pengaruhnya gula sederhana terhadap kadar gula dalam darah. Bila kadar gula darah sudah cenderung tinggi sebaiknya kurangi makanan yang mengandung gula sederhana, seperti minuman manis, kue-kue manis, manisan dan semua yang mengandung gula sederhana. Karena gula sederhana yang masuk kedalam tubuh dapat secara langsung meningkatkan kadar gula dalam darah kita.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain terhindar dari dehidrasi, minum 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter bisa menurunkan gula darah. Bagaimana bisa? Air yang masuk kedalam tubuh akan meningkatkan jumlah volume darah dan menurunkan konsentrasi gula dalam darah kita, sehingga kadar gula darah akan menurun.

Demikian 7 cara menurunkan gula darah secara alami, yang bisa Anda terapkan mulai sekarang.

Berlangganan Artikel :