Ini 7 Cara Merawat Kulit Agar Tidak Kering Dari Dalam Dan Dari Luar

Cara Merawat Kulit Agar Tidak Kering - Kulit yang bagus bukanlah kulit yang cuma putih dan mulus, tetapi juga harus sehat. Salah satu ciri kulit yang sehat adalah kulit yang kadar air dan kelembapannya pas. Sehingga kulit tidak terlalu basah ataupun terlalu kering. 


Kulit kering adalah kulit yang memiliki kadar air dibawah rata-rata. Cara merawat kulit agar tidak kering bisa dilakukan dari dalam dan luar tubuh.

Perlu kita ketahui kulit memiliki banyak fungsi, berguna dalam fungsi proteksi, absorbsi, ekskresi, pengatur suhu tubuh dan pembentukan vitamin D. Karena banyaknya fungsi kulit dan sangat penting bagi tubuh kita, maka kita harus merawatnya dengan benar. Agar kulit tidak kering dan pecah-pecah, karena kulit yang kering dan pecah akan kehilangan fungsinya. Kulit yang kering tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, harus kita rawat kulit kita agar tetap sehat dan tidak kering.

7 Cara Merawat Kulit Agar tidak Kering

Apa saja yang bisa kita lakukan sebagai cara merawat kulit agar tidak kering, berikut ini yang bisa anda lakukan:

1. Banyak Minum

Dengan bayak minum air putih kita akan merehidrasi tubuh, air yang kita minum akan diserap oleh tubuh. Air yang diserap akan dialirkan keseluruh tubuh, salah satunya kulit. Bila kulit mengandung kadar air yang cukup, maka kulit tidak akan menjadi kering. Minum air putih setidaknya 2 liter sehari dalam aktivitas normal, jika anda melakukan olah raga maka air yg dibutuhkan juga lebih banyak.

2. Beri Kulitmu Nutrisi Yang Tepat

Nutrisi yang tepat dari luar sangat penting bagi kulit, nutrisi bisa didapat dari makanan dan suplemen. Ini adalah salah satu cara merawat kulit agar tidak kering dari dalam, yaitu dengan memberi nutrisi atau makanan yang tepat untuk kulit. Makanan yang tinggi vitamin C dan vitamin E sangat penting dan bagus buat kulit.

Makanan yang berasal dari sayur dan buah bisa mengatasi kulit yang kering, karena kadar air dalam sayur dan buah cukup tinggi. Kadar air yang tinggi dapat diserap oleh kulit dan meningkatkan kadar air dalam kulit, sehingga tidak kering. Selain sayur buah, konsumsi lemak yang tepat seperti lemak esensial yang berasal dari tumbuhan, agar tidak mengandung kolesterol. Karena salah satu fungsi lemak adalah menghaluskan kulit, jadi konsumsi lemak nabati perlu ditingkatkan.

3. Melindungi Kulit Dari Luar

Ketika cuaca panas atau dingin sebaiknya lindungi kulit anda dengan pelembab. Karena cuaca juga berpengaruh pada kulit, bisa menyebabkan kulit kering dan flek hitam. Makanya penting melindungi kulit apalagi sekarang cuaca sering berubah-ubah dalam waktu yang cepat, yang akan membuat kulit kita bingung mengatur kelembapannya. 

Baca Juga : Cara Sehat Merawat Kulit Tubuh Yang Benar Secara Alami

4. Hindari Alkohol

Produk untuk kulit yang mengandung alkohol seharusnya dihindari karena alkohol juga menyebabkan kulit kering. Sehingga bila kita merawat kulit dengan produk yang mengandung alkohol, maka yang ada kulit kita akan semakin kering. Selain alkohol dalam produk kecantikan, kita juga harus menghindari minuman beralkohol. Minuman beralkohol mengakibatkan efek dehidrasi bagi peminumnya, yang akan berakibat kulit menjadi kering.

5. Olah Raga Teratur

Sudah tahu atau belum, kalau olah raga teratur juga merupakan cara merawat kulit agar tidak kering. Olah raga teratur dapat mengatasi kulit yang kering, terutama pada wajah. Lakukan olah raga yang ringan asal teratur, seperti jogging dan jalan cepat. Dengan olah raga kita akan berkeringat dan hal tersebut bisa melembabkan kulit kita. 

6. Gunakan Sabun Yang Tepat

Beberapa sabun wajah dan pembersih bisa menjadi terlalu keras untuk kulit yang sensitif. Jika kulit anda terasa kencang dan kering setelah menggunakannya, bisa jadi anda telah salah memilih sabun perawatan. Carilah produk sabun yang tidak mengandung sodium lauryt sulfate, yang dapat menurunkan kelembapan kulit. Sebaiknya anda cek label kemasan sebelum membeli, pilih produk yang bebas dari pewangi dan pewarna yang ada label moisturingnya.

7. Hindari Rokok

Sudah diketahui banyak akibat negatif yang dari merokok. Rokok dapat menyebutkan berbagai komplikasi pada perokok baik aktif maupun pasif. Dan kulit menjadi bagian tubuh yang mungkin terpengaruh oleh rokok. Kandungan tar dalam rokok dapat menyebabkan kulit kering, karena tar dapat menghancurkan jaringan vitamin C yang berfungsi menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap. Jadi itu adalah 7 cara merawat kulit agar tidak kering, baik dari dalam dan luar tubuh.

Berlangganan Artikel :