Anak Anda Gampang Sakit? Beginilah Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Anak

Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Anak - Cara menjaga kekebalan tubuh anak harus dilakukan dengan benar oleh orangtua. Mengingat kekebalan tubuh atau imun merupakan faktor terpenting dalam upaya menjaga kesehatan. Imun berasal dari bahasa latin yang berasal dari imunitas yang memiliki arti kekebalan.


Bentuk keajaiban tubuh manusia adalah sistem kekebalan tubuh yang bekerja secara otomatis saat ada benda asing masuk kedalam tubuh. Apabila kekebalan tubuh melemah maka perlindungan akan melemah dan menyebabkan virus atau bakteri masuk kedalam tubuh dan berkembang. Apalagi usia anak-anak lebih rentan terkena sumber penyakit karena kekebalan tubuhnya yang masih lemah. Sehingga sangat penting bagi orang tua untuk memperhatikan kekebalan tubuh dari sang anak.

Ketika kondisi kekebalan tubuh menurun maka sikecil berpeluang besar terkena serangan penyakit. Itulah sebabnya, sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh anak agar selalu dalam kondisi prima.

9 Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Anak Secara Alami Dan Efektif


Berikut merupakan beberapa cara menjaga kekebalan tubuh anak secara alami dan efektif agar tidak mudah sakit.

1. Memberikan ASI Ekslusif

Pada anak 0-6 bulan pemberian ASI eksklusif sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Di samping pemberian ASI anda bisa memberikan pendamping makanan pada anak anda ketika usianya sudah melebihi 6 bulan. Badan WHO menganjurkan pemberian ASI pada anak sampai usia 2 tahun.

Penelitian yang dilakukan bahwa dengan memberikan ASI, kekebalan tubuh anak akan meningkat. Selain itu, juga dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dan pencernaan.

2. Istirahat Cukup

Penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh yaitu dengan istirahat cukup. Istirahat yang cukup akan menurunkan risiko terserang penyakit dibandingkan ketika kurang tidur. Bahkan porsi tidur sehat untuk anak berusia 3-12 tahun yaitu 10 jam perhari. Dengan demikian, kebutuhan tidur anak lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa.

3. Menjaga Kebersihan

Setelah sembuh dari sakit umumnya daya tahan tubuh seorang anak jadi lebih kuat dari sebelumnya. Agar penyakit yang diderita tidak kembali lagi, jagalah kebersihan tubuh dan lingkungan tempat tinggal anda dari bakteri dan virus. Mandi 2 kali sehari, cuci tangan sebelum menyentuh makanan dan bersihkan rumah secara rutin.

4. Mengurangi Antibiotik

Kurangi memberikan antibiotik apabila anak anda sakit ringan. Umumnya orang tua meminta dokter untuk menyertakan antibiotik padahal penyakit ringan seperti flu dan pilek tidak memerlukan antibiotik. Terlalu sering memberikan antibiotik pada anak akan melemahkan sistem kekebalan tubuh pada anak.

5. Melakukan Kegiatan Fisik Atau Olahraga

Banyak manfaat bisa diper oleh melalui aktivitas fisik. Selain memperlancar metabolisme dan membersihkan racun, olahraga juga dapat memperkuat otot dan tulang, mencerdaskan anak, menurunkan berat badan serta meningkatkan imunitas tubuh.

6. Berjemur Di Bawah Sinar Matahari

Para pakar kesehatan menyarankan para orangtua untuk menjemur bayinya di bawah sinar matahari pagi agar kebutuhan vitamin D tercukupi. Anjuran ini tidak hanya berlaku untuk bayi yang barulahir saja, anak-anak bahkan hingga orang lanjut usia juga perlu melakukannya.

7. Menghindari Polusi Udara

Polusi udara akan merusak rambut halus di dalam hidung yang berfungsi sebagai penangkal masuknya benda asing kedalam tubuh. Sehingga hindari anak anda dari pencemaran udara seperti asap rokok, asap pembakaran dan bahan kimia berbahaya.

8. Cukup Minum Air Putih

Ketika jatuh sakit, percepat penyembuhan dan pemulihan dengan banyak mengkonsumsi air putih dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin. Air dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah seseorang menderita dehidrasi yang dapat memperparah sakit yang sedang diderita.

9. Konsumsi Makanan Yang Baik Untuk Imunitas Tubuh

Ada banyak makanan yang bisa membantu menjaga kekebalan tubuh pada anak di antaranya :

a. Sayur Dan Buah


Tak hanya kaya nutrisi dan serat, kandungan fitonutrient dan antioksi dan pada buah dan sayuran terbukti mampu mengoptimalkan kekebalan tubuh anak.

b. Ikan Dan Telur


Ikan dan telur mengandung banyak protein dan zinc yang dapat memperkuat kekebalan tubuh, meningkatkan perkembangan tubuh dan menambah kecerdasan.

c. Madu


Madu merupakan sumber protein penting yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu mampu dapat menjaga stamina tubuh dan baik dikonsumsi setiap hari.

d. Probiotik


Probiotik adalah bakteri sehat yang tumbuh dalamsistem pencernaan sikecil. Jasad renik ini membatu menghambat pertumbuhan bakteri jahat penyebab sakit. Yogurt dan kefir adalah alternatif yang bagus untuk memperkaya bakteri baik dalam perut sikecil.

Berlangganan Artikel :