Ini Yang Penting Untuk Diketahui Cara Agar Mata Bening Dan Putih Natural

Cara Agar Mata Bening Dan Putih Natural - Menjaga kesehatan mata sangat penting sebab mata adalah salah satu panca indera yang vital bagi kita. Setiap hari dalam beraktivitas melihat benda dan menikmati semua keindahan dengan menggunakan mata, maka dari itu jagalah kesehatan mata kita.



Ciri mata yang sehat adalah mata yang bening dan putih, karena bila mata berwarna kuning atau merah itu tandanya ada masalah pada kesehatan kita. Penyebab mata kuning bisa karena penyakit hepatitis, atau penyebab lain selain penyakit tersebut. Seperti polusi, asap rokok, minuman beralkohol, stress, mata lelah dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Membuat Mata Fresh Dan Menghindarkanmu Dari Mata Panda

Selain mata bisa berubah kekuningan mata juga bisa berwarna kemerahan kalau terkena iritasi. Ada pepatah “mata adalah jendela jiwa” mata juga bisa menjadi daya tarik seseorang. Mata yang sehat, putih dan bening akan membuat anda tampak lebih cantik. Untuk itu kita perlu tahu bagaimana cara agar mata bening dan putih, karena selain demi kesehatan juga demi estetika.

7 Cara Agar Mata Bening Dan Putih

Berikut adalah beberapa cara agar mata bening dan putih, sehingga mata akan jadi daya tarik tersendiri bagi yang memandangnya. 

1. Tidur Secukupnya

Biasakan setiap harinya tidur secukupnya saja, jangan berlebihan apalagi kurang tidur, karena keduanya tidak baik. Tidur yang cukup akan membuat mata tampak fresh dan indah. Kalau kita tidur terlalu lama atau kurang tidur maka mata akan menjadi kemerahan. Tidur malam cukup 7-8 jam sehari, dan sempat kan tidur siang bila ada waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam. Sehingga mata istirahat dengan cukup, dan tidak tampak lelah.

2. Minum Air Putih Yang Cukup

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan tubuh, agar terjadi rehidrasi maksimum. Karena bila keadaan tubuh dehidrasi maka mata akan terlihat sayu, kering dan lesu. Dengan minum air putih cukup, 7-8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air, keindahan mata akan terpancar secara natural.

3. Makan Makanan Tinggi Vitamin A

Pasti sudah tahu peranan penting vitamin A terhadap kesehatan mata. Oleh karena itu sangat penting menjaga asupan vitamin A untuk menjaga kesehatan dan keindahan mata. Vitamin A dalam sayur dan buah biasanya dalam bentuk pro vitamin A atau beta karoten. Makanan yang mengandung beta karoten adalah makanan yang berwarna jingga atau merah seperti wortel, tomat, pepaya. Vitamin A yang bisa langsung diserap oleh tubuh biasanya dalam bentuk kapsul tetes berisi minyak ikan.

4. Jangan Sering Begadang Tiap Malam

Begadang atau tidur larut malam akan membuat mata kita lelah karena kurang diistirahatkan. Hal ini tidak baik bagi kesehatan mata, apabila sering begadang maka mata akan lelah dan merah. Selain itu sering begadang akan menyebabkan mata bengkak, dan muncul kerutan disekitar mata kita. Maka dari itu tidak begadang adalah satu cara agar mata bening dan putih.

5. Kurangi Penggunaan Komputer Atau Gadget

Penggunaan komputer atau gadget yang berlebihan memiliki efek tidak baik bagi mata kita, karena mata akan terkena radiasi sinar dari layar computer atau gadget. Menyebabkan terjadi gangguan kesehatan pada mata, tidak hanya iritasi bahkan bisa terjadi mata minus. Apalagi bila penggunaannya tidak benar, yaitu di ruangan yang gelap, mata akan sangat lelah menyesuaikan cahaya dari ruangan dan gadget. Untuk menyiasati nya atur brightnes pada computer atau gadget anda, agar mata tidak cepat lelah dan merah.

6. Gunakan Kaca Mata Saat Bepergian

Memakai kacamata gunanya adalah untuk melindungi mata dari debu dan polusi yang akan kita temukan saat kita pergi keluar rumah. Serta melindungi mata dari pancaran sinar matahari langsung, agar mata tidak ter radiasi dan iritasi. Karena mata yang terkena radiasi dan iritasi sudah bisa dipastikan warnanya tidak lagi bening dan putih.

7. Jangan Merokok Dan Jauhi Asap Rokok

kita ketahui bahwa merokok punya efek tidak baik bagi kesehatan, yang selama ini kita tahu bahwa rokok tidak baik kesehatan paru-paru dan jantung. Namun ternyata asap rokok juga tidak baik bagi kesehatan mata. Asap rokok dapat menyebabkan iritasi pada mata, pada penderita mata kering hal itu akan memperparah keadaan mata. Hal itu juga terjadi pada perokok pasif yang ter papar asap rokok, mata mereka akan mengalami iritasi dan mata kering. Jadi tidak merokok aktif dan pasif adalah satu cara agar mata bening dan putih.

Berlangganan Artikel :