7 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Hanya Menggunakan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Komedo Hitam - Komedo cenderung muncul pada kulit berminyak dan pori-pori hidung akan tampak besar. Untuk komedo hitam muncul dikarenakan sel kulit mati dan kelebihan minyak pada kulit bercampur dan terkena oksigen dan berubah menjadi hitam. Menghilangkan komedo hitam ini bisa menggunakan bahan kimia. Tetapi bahan kimia banyak diragukan orang karena bisa berisiko pada kulit apabila salah menggunakannya. Nah, akan kami jelaskan beberapa bahan alami yang digunakan untuk menghilangkan komedo hitam bagi kamu yang khawatir dengan produk kecantikan berbahan kimia. 


Cara Menghilangkan Komedo Hitam Menggunakan Bahan Alami

Berikut selengkapnya ulasan mengenai cara menghilangkan komedo hitam menggunakan bahan alami

1. Air Hangat

Cara menghilangkan komedo hitam menggunakan bahan alami yang pertama adalah air hangat. Air hangat memiliki kemampuan membantu penguapan sehingga memudahkan komedo keluar dari pori-pori kulit.

Cara menggunakannya cukup dekat mendekatkan wajah pada air hangat yang sudah ada dalam suatu wadah kurang lebih 5 sampai 10 menit. Jangan lupa menutupi kepala dengan handuk supaya lebih mudah. Kemudian basuh wajah menggunakan air hangat dan dikeringkan dengan ditepuk-tepuk. Kamu bisa menggunakan cara ini berkali-kali sebelum menggunakan masker wajah.

2. Baking Soda

Ternyata cara menghilangkan komedo hitam juga bisa dilakukan dengan baking soda yang biasanya lebih akrab digunakan sebagai pengembang adonan. Baking soda memiliki kemampuan dapat membantu mengelupas kulit atau eksfoilasi kulit, yang berguna sebagai manfaat eksfoilasi wajah. Digunakan untuk meluluhkan sel kulit mati dan mencegah sel-sel mati tersebut menyumbat pori-pori kulit serta menyebabkan komedo hitam.

Cara menggunakan masker baking soda yaitu dengan mencampur dua sendok makan baking soda dengan air dalam wadah sampai menjadi pasta. Oleskan pada hidung dengan perlahan. Diamkan beberapa menit sampai mengering dan bilas menggunakan air hangat.

3. Lemon

Buah satu ini sudah tidak diragukan lagi keampuhannya untuk mengatasi permasalahan kulit wajah, termasuk menghilangkan komedo hitam. Selain sebagai toner, lemon juga dapat membuat warna kulit menjadi lebih terang.

Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan hidung menggunakan air perasan lemon menggunakan kapas. Tetapi sebelumnya jangan lupa untuk mencuci wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan olesan air lemon dan mengeringkannya. Cara ini dilakukan tiga sampai empat kali dalam seminggu sebelum tidur malam hari. Keesokannya bilas wajah menggunakan air hangat.

4. Daun Mint

Daun mint sangat bermanfaat dalam pembuatan toner nagi wajah yang sensitif. Toner memiliki fungsi menghilangkan sel kulit mati dan mengurangi kemerahan atau radang kulit terutama pada bagian hidung.

Cara menggunakannya yaitu yang pertama campurkan dulu tiga sendok makan cuka apel dan tiga sendok makan daun mint yang dihancurkan di dalam botol. Biarkan selam satu minggu di tempat yang jauh dari sinar matahari. Selanjutnya campuran tersebut disaring dan ditambahkan air secukupnya. Campuran tersebut disimpan lagi dalam kulkas selama enam hari. Toner siap digunakan dengan cara mengoleskannya pada hidung menggunakan kapas. Dan jangan lupa sebelum menggunakannya cuci wajah terlebih dahulu. Diamkan hidung yang terbalut toner tadi selama semalam atau beberapa jam. Lalu tambahkan pelembab pada hidung setelahnya.

5. Madu dan Susu

Madu dan susu dapat dijadikan seperti pore strips yang mengandung bahan perekat untuk melekatkan strip pada hidung. Nah, cara menghilangkan komedo hitam dengan bahan alami buatan sendiri yaitu dengan menyiapkan satu sendok makan madu murni, satu sendok teh susu dan secarik kain katun bersih. Campur madu dan susu dan dihangatkan selama lima sampai sepuluh menit dan aduk sampai rata. Setelah campuran agak mendingin, langsung bisa dioleskan tipis pada hidung. Selanjutnya kain katun ditempelkan pada hidung dan biarkan mengering kira-kira dua puluh menit. Kain bisa diangkat perlahan dan hidung dibilas menggunakan air dingin lalu dikeringkan. 

6. Putih Telur

Putih telur juga sudah terbukti khasiatnya mengatasi permasalahan kulit, termasuk komedo hitam. Cara menggunakannya dengan mengoleskan putih telur yang telah disiapkan menggunakan tisu wajah ke hidung. Sebelumnya bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan putih telur. Selanjutnya biarkan mengering olesan putih telur tadi, lalu dilanjutkan olesan kedua sampai olesan ketiga. Tetapi sebelum lanjut tahap mengoles selanjutnya, pastikan olesan sebelumnya sudah mengering. Lalu dibersihkan menggunakan air.

7. Oatmeal

Cara menghilangkan komedo hitam juga bisa menggunakan masker oatmeal. Caranya dengan mencampurkan dua sendok makan oatmeal dengan yogurt tawar dan air perasan lemon. Oleskan pada hidung dan diamkan beberapa menit lalu dibersihkan dengan air hangat. Bahan lain yang bisa dicampur dengan masker oatmel yaitu tomat dan madu.

Berlangganan Artikel :