7 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Secara Alami

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan - Melahirkan merupakan salah satu kodrat yang dimiliki oleh setiap wanita. Walaupun harus melalui proses yang cukup menyakitkan, tetapi setiap wanita akan sangat senang apabila bisa melalui proses ini dengan baik. Terlebih jika buah hatinya bisa lahir dengan sehat dan sempurna. Namun seiring berjalannya waktu, biasanya bentuk perut dan pinggul setelah melahirkan akan menjadi lebih besar dibandingkan sebelumnya. Hal ini biasa terjadi pada wanita yang baru saja melahirkan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir ketika menghadapi masalah ini, karena ada beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang dapat Anda lakukan. Sehingga perut dan pinggang Anda bisa kembali langsing seperti semula.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Memiliki perut dan pinggang yang langsing pasti menjadi impian setiap wanita. Terutama mereka yang perut dan pinggangnya membesar karena baru saja melahirkan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan.

1. Melakukan Pernapasan Dengan Baik

Pernapasan yang baik juga merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap orang. Terutama bagi mereka yang ingin mengecilkan perutnya setelah melahirkan. Pernapasan yang baik juga akan membuat tubuh menjadi rileks karena proses stimulasi tubuh dan kerja otak dapat berjalan dengan baik. Selain itu, melakukan pernapasan dengan baik dan secara perlahan juga dapat menyehatkan tubuh dan kulit.

2. Menyusui Buah Hati

Selain sangat penting dilakukan untuk memberikan nutrisi yang lengkap bagi buah hati, menyusui bayi ternyata juga merupakan langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut. Hal ini dikarenakan ketika wanita menyusui bayinya, mereka secara tidak langsung telah mentransfer 5000 kalori dari dalam tubuhnya kepada bayinya.

Selain itu, menyusui bayi juga bisa merangsang kontraksi rahim yang mengakibatkan ukuran uterus akan menyusut. Hal ini juga menyebabkan ukuran perut akan kembali seperti saat sebelum hamil. Sehingga ketika wanita sedang menyusui bayinya, tanpa disadari mereka sebenarnya telah melakukan terapi pengecilan perut secara alami.

3. Memilih Makanan Yang Rendah Lemak Dan Kalori

Memilih makanan yang rendah lemak dan kalori juga merupakan cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Di samping itu Anda juga harus ingat, apabila si bayi juga memerlukan nutrisi yang cukup dari ASI Anda untuk mendukung proses tumbuh kembangnya. Sehingga yang perlu Anda lakukan yaitu menjaga asupan makanan dengan nutrisi yang sesuai, baik untuk ibu maupun buah hati tercinta.

4. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Air putih memang sangat baik untuk kesehatan. Dimana kita ketahui bersama bahwa air putih berfungsi sebagai pembersih semua organ dalam tubuh. Terutama membersihkan saluran pencernaan dan peredaran darah dari berbagai macam penyakit dan racun.

Salah satu fungsi lain dari air putih yaitu membantu proses hidrasi, di mana proses ini akan membantu proses pencernaan bekerja dengan baik dan maksimal. Selain itu, proses ini juga bisa membantu melangsingkan tubuh.

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah tertentu juga dapat menahan rasa lapar yang muncul. Di samping itu, air putih juga dapat mencairkan konsentrasi sodium yang ada di dalam tubuh. Sehingga hal ini akan menyebabkan banyaknya jumlah air yang keluar pada sistem pencernaan dan akhirnya juga akan membantu mengecilkan perut Anda.

5. Olahraga Ringan

Membiasakan olahraga ringan juga merupakan cara yang efektif untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Karena dengan melakukan olahraga secara teratur, otot-otot yang tadinya kendor akan bisa kembali kencang.

Salah satu olahraga ringan yang bisa Anda lakukan yaitu berjalan kaki bersama bayi berkeliling di area sekitar rumah. Dengan aktivitas ini, Anda bisa membakar lemak dan juga kalori dalam tubuh.

6. Jangan Biasakan Tidur Setelah Makan

Salah satu penyebab perut menjadi buncit yaitu kebiasaan tidur setelah makan. Untuk mendapatkan perut yang langsing, Anda tentunya harus menghindari kebiasaan ini. Karena selain membuat perut menjadi buncit, kebiasaan ini juga tidak baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan bahan-bahan makanan yang seharusnya langsung dicerna oleh tubuh akan tertunda apabila Anda langsung tidur setelah makan.

7. Biasakan Mengkonsumsi Sayur Dan Sup

Mengkonsumsi sayur dan sup memang sangat dianjurkan untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, sayur dan sup juga mengandung fitonutrien yang bermanfaat untuk mengurangi lemak dalam perut. Sehingga, mengkonsumsi sayur dan sup juga akan bisa membantu mengecilkan perut Anda setelah melahirkan.

Berlangganan Artikel :